Sunday, October 03, 2010

Berkubang dalam Lumpur


Baca lengkapnya di sini

Saya bukan orang yang tahu soal geologi, tapi kok rasanya yakin banget yang dibilang Ahli Geologi dari Ukraina itu suatu hal yang meragukan. Berhubung bukan orang Geologi juga jadi gak bisa memberi bukti dari sisi ilmiah Geologi. Tetapi Ahli Geologi dari ITB/Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia DR. Lambok juga tidak mempercayainya di sini.
Selain itu ada beberapa hal yang juga perlu dipertanyakan:
  • Siapa sih Sergey Kadurin itu? di beberapa berita namanya pun 'simpang-siur'. Ada yang menulis sebagai Serge, Sergeu, Sergey-Kadurin, Kaduren. Dikatakan beliau adalah ahli dari Odessa National University -Ukraina. Dan melakukan penelitian dengan tim dari Institute of Electrophysics Rusia. Riwayat pendidikannya tidak bisa ditemukan. Kenapa Kadurin yang dipanggil untuk meneliti ini, apa karena keahliannya terbukti dalam bentuk karya ilmiah yang banyak? Sepertinya tidak karena google scholar hanya menyimpan dua karya ilmiahnya ini dan ini. Atau dipanggil karena jabatannya di kedua lembaga tersebut? Tetapi di sini tidak ada namanya, sedang di sini tertulis sebagai the first years young scientists. Entah apa itu tetapi rasanya bukan sebutan yang terlalu istimewa.

  • Kenapa mesti panggil dari ahli dari Ukraina? Lebih hebatkah dari mereka dibanding ahli dari Indonesia? Lagi -lagi hal itu agak diragukan. Odessa National University menurut sumber ini, merupakan perguruan tinggi dengan peringkat 3022 perguruan tinggi di dunia. SEmentara menurut sumber yang sama peringkat ITB adalah 569 dunia, UGM 611, UI 789, bahkan masih kalah dengan Universitas Bina Nusantara yang mendapat peringkat 2611 dunia.
Jadi apa salah kalau diragukan kompetensinya???

No comments: